Selasa, 18 November 2014

Rakor Desa Inovasi Litbang Bappeda Gandeng Lembaga PAS Untuk Tarik Wisatawan
































Rapat Koordinasi Desa Inovasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang menghadirkan dua narasumber dari Setya Teguh Yuwana dan Relawan TIK Jawa Tengah, Mufid Masruhan. Hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST. Selasa (18/11/2014).

Mengawali dengan alunan lagu Iwan Fals berjudul "Desa", Setya Teguh Yuwana memberikan motivasi bagi pengembangan Desa Inovasi. Point yang dapat dipetik dari lagu tersebut adalah "Desa harus menjadi kekuatan ekonomi". Lantas bagaimana mewujudkannya?

Menurutnya, perlu adanya sinergitas antar aparat desa, melibatkan warga dalam perencanaan desa, mendirikan BUMDes sebagai pilar kekuatan negosisasi dan promosi serta eksekusi bisnis potensi desa dan membentuk BKAD untuk membangun sebuah kekuatan ekonomi wialayah berbasis kawasan pedesaan. 

Mufid Masruhan selaku Ketua Relawan TIK Jawa Tengah memaparkan tentang bagaimana peranan TIK dalam menunjang kegiatan di desa. Baik sebagai sarana publikasi dan pomosi potensi desa yang salah satunya adalah dengan membuat dan mengembangkan website desa. 

Sebelum dilaksanakan sesi dengar pendapat dan tanya jawab, Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir terkait pengembangan desa. Beliau memberikan contoh sederhana tentang pembudidayaan pohon Sukun yang ternyata kaya akan manfaat. Selain itu beliau juga berpesan tentang 3K; Krisis, Kritis, dan Kreatif untuk memotivasi para perangkat desa yang hadir.

Rapat Koordinasi ini difasilitasi Litbang Bappeda Kabupaten Pemalang dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari dinas terkait seperti Bapermas KB, Dinsosnakertrans, beberapa kades dan karang taruna Relawan TIK Pemalang serta dari Lembaga Pemerhati ALam dan Satwa ( P A S )

Menariknya, diakhir kegiatan Rakor ,Lembaga Pemerhati Alam dan Satwa ( P A S ) menunjukan Satwa Burung Hantu ; Buffy Fish Owl, yang merupakan hasil dari penangkaran, Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST mengapresiasi ,menurutnya kegiatan Lembaga PAS bisa dikemas bareng dalam Desa Inovasi, ini bisa menjadi salah satu potensi wisata yang unik dan menarik wisatawan, apabila dikembangkan di desa-desa.

Kepala Desa yang hadir pada acara ini pun, tertarik untuk mengembangkan kegiatan penangkaran satwa,  karena ini merupakan hal yang baru yang bisa menjadi keunikan di desa nantinya. ada Sepuluh calon Desa Inovasi Kabupaten Pemalang antara lain adalah Mojo, Kaliprau, Penggarit, Sikasur, Beluk, Pulosari, Nyamplungsari, Kendalrejo, Gambuhan, dan Gunungsari .
  
















Wakil Bupati Kabupaten Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST, Setya Teguh Yuwana dan Relawan TIK Jawa Tengah, Mufid Masruhan. 

SALAM LESTARI :)

0 komentar:

Posting Komentar