Rabu, 19 November 2014

POTENSI MANGROVE DAN CEMARA LAUT DI KAB PEMALANG




















Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomis Kabupaten Pemalang terletak antara 109°17'30" - 109°40'30" BT dan 6°52'30" - 7°20'11" LS memiliki luas wilayah sebesar 111.530 km². Kabupaten pemalang telah dikenal sebagai kabupaten yang mempunyai potensi mangrove cukup besar. Di bandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Jawa, dengan pengelolaan oleh kelompok tani. Kondisi mangrove yang ada dikabupaten Pemalang merupakan salah satu contoh pengelolaan mangrove berbasis masyarakat , dimana keberhasilanya sangat tergantung kepada masyarakat.

Luas kawasan mangrove di kab Pemalang sekitar 2.350 ha. Terdiri atas hamparan seluas 410 ha, dan dipertambakan 1.940 ha, kawasan mangrove pola empang parit (di pertambakan) terdapat di kec, Ulujami , Petarukan, Taman dan Pemalang sedangkan dihamparan mempunyai potensi untuk pengembangan wisata dan khususnya ekosistem mangrove.
 
Serta mempunyai potensi wisata edukasi berupa budidaya kepiting dan ikan dengan pola silvo fishery. Selain itu potensi wisata alam dikawasan pantai yang dapat dikembangkan adalah terdapatnya kawawasan hutan pantai yang berupa sabuk hijau cemara laut (casuarina equisetifolia) luas hutan pantai sekitar 82 ha atau sepanjang 20,5 km. berada di desa Nyamplungsari, Kendalrejo, dan Pesantren. Hamparan cemara laut tersebut sebagian sudah dikembangkangkan menjadi obyek wisata yang dikelola oleh kelompok tani karena secara visual tanaman cemara laut mempunyai bentuk yang indah.

Yuks Berkunjung Ke Mangrove Pemalang  :)

Salam Lestari


0 komentar:

Posting Komentar